Liputankalbar.com – Sintang. Memasuki awal bulan oktober 2022 ini tingkat curah hujan di wilayah Kabupaten Sintang cukup tinggi, Muryadi, S.Ag Kades Baning kota Sintang Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang menjelaskan  ketika di hubungi awak media pada Sabtu ( 08/10/2022).

Kades Baning Muryadi, S Ag. langsung terjun kelokasi- lokasi rumah warganya yang terkena banjir akibat dari tingginya curah hujan di Kabupaten Sintang , Menurut Muryadi  dampak curah hujan ini mengakibatkan banyak daerah di Kabupaten Sintang mulai merasakan kebanjiran, ditambah tingginya debit air sungai yang menjadi salah satu sebap kuatnya air naik, salah satunya daerah yang parah yang terdampak banjir adalah  di Bumi Dara Muning Kecamatan Serawai Sintang,  daerah itu saat ini terendam banjir cukup parah dan ribuan rumah penduduk jadi korban sampai- sampai mereka harus bertahan diatap- atap rumah mereka.

“Kini banjir mulai melanda disekitar wilayah dalam kota Sintang, salah satu nya di desa baning kota, curah hujan memang akhir – akhir ini cukup tinggi mengguyur kota Sintang dalam bulan Oktober ini , di tambah lagi dengan tingginya debit air di sungai melawi dan kapuas yang mengakibatkan air dari curah hujan tidak bisa mengalir ke sungai baik Melawi maupun Kapuas” jelas Muryadi.

” Sebagai langkah awal yang pasti kita masih mendata dulu berapa  jumlah rumah warga yang terdampak banjir, sekalian kita menghimbau warga untuk  selalu lebih waspada, menjaga lokasi rumah mereka masing masing, menjaga aliran listrik yang mengalir kerumah karena jika memang  sudah dianggap membahayakan keselamatan sebaiknya di matikan aliranya atau segera hubungi petugas PLN, serta  yang tidak kalah penting waspada terhadap hewan – hewan liar yang berbisa yang mungkin bisa masuk kerumah seperti ular atau yang lainnya ” ucap Muryadi

” Dan  nanti terhadap data – data yang sudah kita dapatkan akan kita rekap dan kita laporkan kekecamatan untuk segera dilakukan tindakan dengan  meminta pemberian bantuan bagi warga yang terdampak banjir”  jelas Muryadi.

“Untuk saat ini data sementara yang kita himpun daerah – daerah yang terdampak banjir yaitu di rt 22 gg. Nafis bersama dan sekitarnya yang bisa tembus ke gg.gamajaya, di rt 06 dusun baning hilir dan sekitarnya, juga di daerah darunajah dusun simpang 5” jelas Muryadi.