Liputankalbar.com- Sintang.  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Edy Harmaini.SE.M.Si ditemui awak media sabtu ( 7 Januari 2023 )  mengatakan saat di konfirmasi tentang masalah penanganan sampah di kota Sintang.

“Sampah memang menjadi masalah saat sekarang di masyarakat Kabupaten Sintang, dimana begitu banyaknya  tumpukan sampah yang masih sering berserakan di tepi jalan raya dan kurangnya kesadaran masyarakat dengan membuang sampah pada tempatnya, problem utama sebuah kota yang berkembang adalah sampah karena terkait dengan pengelolaannya serta kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan” jelas hermani.

Memang yang diketahui banyak titik – titik pembuangan sampah telah di tutup seperti 1 titik  di depan komplek cipta mandiri, 1 titik di simpang sengkuang,  2 titik dijalan ovang oeray, 1 titik di depan LP sintang dan yang lainnya.

“ sehingga membuat masyarkat binggung membuang sampah dan akhirnya membuang sembarangan,semua ini dikarenakan volume sampah yang dihasilkan masyarakat meningkat cukup tajam dalam beberapa tahun terakhir,”.ungkap Edy Harmaini.

Kemudian  kami dari  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang memperoleh data yang menunjukan, sampah yang dihasilkan di Kabupaten Sintang itu perharinya  mencapai 350,tapi yang mampu kami tangani rata-rata 120 an ton per hari . Jika di persentasekan kami hanya  mampu menangani 75 persen sampah yang ada. Ini termasuk sangat rendah volume sampah yang bisa di tangani dan kelola Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang. Ini juga tidak bisa di pungkiri  karena kurangnya sarana dan prasarana, rendahnya pembiayaan dari tahun ke tahun, pengelolaan sampah yang masih manual sehingga mempengaruhi kinerja, dan tentunya kebiasaan masyarakat kita yang belum baik dalam mengelola sampah.

“maka sebap itu  saya sebagai kepala Dinas Lingkungan  sudah melakukan terobosan dan selalu berkordinasi dengan dinas terkait di  Pemerintah Kabupaten Sintang serta beberapa organisasi-organisasi yang fokus terhadap lingkungan untuk bagai mana mengatasi permasalahan sampah yang ada dikota  Sintang tercinta kita ini “. Ucap hermani

“menurut saya sangat perlu inovasi dari banyak pihak untuk  bagai mana bersama – sama kita menagani masalah  sampah yang ada di kota Sintang.Dan saya  kami juga banyak berharap agar Pemerintah Pusat dapat membantu permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Sintang “. Jelas edy hermani tutup pembicaraan.