Liputan kalbar,com – Sintang.Banjir yang terjadi di Kota Sintang di dua tahun ini membuat Muryadi Kades Baning Kota angkat bicara pada kamis (12 Januari 2023). Dia mengatakan masalahnya, banjir yang terjadi pada 2021 dan 2022 kemarin merupakan banjir terparah yang banyak memakan korban materi dan membuat air menggenangi hampir seluruh wilayah dan pemukiman warga khususnya di Desa Baning.

Maka dari itu untuk program Normalisasi Drainase dari Tugu Adipura sampai Jalan Cadika yang terletak di Jalan YC Oevang Oeray, Desa Baning Kota, Kabupaten Sintang, 1 Januari 2023 lalu saat ini akan ditinjau.

”peninjauan yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari terjadinya banjir yang melanda Desa Baning terutama lokasi  di jalan Cadika ketika musim hujan air begitu cepat tergenang “.ucap Muryadi.

Selanjutnya menurut muryadi  hasil dari peninjauan yang dilakukan jika masih ada saluran drainase yang masih bermasalah yaitu adanya seluruh aliran drainase yang mengalami pendangkalan akibat tertutup oleh lumpur dan sampah yang belum dibersihkan maka akan segera di bersihkan kembali.
“sampah yang ada kebanyakan disebabkan akibat dari  banjir selama dua tahun ini yang melanda Kabupaten Sintang, yang mana  banyak merusak insfrastruktur- insfrastruktur umum dan mengganggu perekonomi masyarkat”.jelas muryadi

Lebih jauh Muryadi menjelaskan memang ada beberapa poin yang mengakibatkan drainase tidak mampu dan sanggup mengalirkan air dengan lancar ketika hujan turun dengan debit yang cukup tinggi. Selain terjadi  pendangkalan, ada juga beberapa saluran drainase ambruk dan puing- puingnya dari bekas drainase yang ambruk menutup saluran drainase lain.
“ ada drainase yang  mengalami pendangkalan akibat dari sampah- sampah atau bekas drainase yang ambruk  yang belum sempat di bersihkan sehingga mengakibatkan peyumbatan, makanya ketika hujan turun jalan benjadi banjir, seharusnya ketika hujan, drainase ini harusnya mampu mengalirkan air sehingga tidak meluber ke jalanan,” ucapnya

Kedepannya nanti menurut Muryadi  Pemdes Baning Kota akan melakukan langkah langkah yang akurat dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten untuk membenahi drainase tersebut secara bertahap.

” Nantinya  kita akan bersama-sama lah dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang untuk membenahi drainase ini secara bertahap, sehingga kejadian banjir yang kerap terjadi ini dapat diminimalisir agar masyarakat merasa tenang dan aman jika terjadi hujan deras” harap Muryadi

” saya juga sebagai Kades Desa Baning  sangat berharap agar para warga dan pelaku usaha yang berada disekitar drainase tersebut dapat membantu dalam menjaga dan merawat drainase yang sudah di bangun serta bekerja sama dengan pihak desa. Yang mana semua ini bertujuan meng normalisasi agar drainase yang di bangun dapat berjalan dengan optimal dan banjir seperti kemarin- kemarin tidak terjadi lagi di kota Sintang tercinta kita ini”  tutup Muryadi.